Cara Memperbaiki Print Head Tersumbat

Bookmark and Share

Memperbaiki Print Head TersumbatKadang ketika kita ingin memprint hasil kerja kita, tiba-tiba macet. Rasanya kesel banget kan, apalagi kalau hasil print kita macet. berawal dari pengalaman saya, maka saya akan berikan sedikit tips untuk sahabat semua . Yaitu Cara memperbaiki print head yang macet atau tersumbat karna tintanya mengering.  Biasanya, Masalah seperti ini dikarnakan print head macet kita tersumbat tintanya sering diakibatkan oleh pemakaian yang tidak benar. 
baik itu  printer Canon, printer Epson dan printer HP semua dapat mengalami masalah Print Head. Print Head dapat macet diakibatkan antara lain tersumbatnya lubang kecil pada print head karena tinta yang mengering sehingga tinta tidak dapat lewat. Akibat dari print head tersumbat maka kita tidak akan bisa mencetak dengan maksimal atau bahkan berakibat tidak bisa mencetak sama sekali.

Tapi jangan khawatir, masalah print head macet dan tersumbat ini dapat diatasi kok. kamu hanya membutuhkan sedikit larutan pembersih sederhana yang bisa kita buat sendiri. Print head macet dan tersumbat tersebut sehingga bisa dipakai kembali seperti semula dengan langkah yang sederhana.

Langsung saja bagaimana cara memperbaiki print head tersumbat, macet karena tinta mengering. Lihat tutorial berikut:

  1. Pertama-tama sekali kamu siapkan sebuah wadah berukuran kira-kira 200 ml dan pastikan bersih dari kotoran.
  2. Selanjutnya isi wadah tersebut dengan 1 sendok makan alkoholl, satu tetes sabun cuci piring cair bisa sun*ight dsb. kemudian kamu aduk sampai benar-benar tercampur. 
  3. Celupkan sedikit kapas ke larutan pembersih tersebut, kemudian taruh pada print head macet yang akan kita perbaiki tadi. Larutan pembersih ini akan memecah penyumbatan pada print head macet dan tersumbat tersebut. 
  4. Langkah terakhir adalah lap print head dengan kapas bersih atau kain kering.  Dan print head siap dicoba untuk proses pencetakan kembali.


Jika tips diatas tidak berjalan, mungkin print head telah rusak permanen. Dan jika berjalan, maka printer akan melakukan tugasnya seperti biasa .

Semoga bermanfaat.
^^





Baca Juga Yang dibawah Ini :

8 comments

21 April 2012 22.44

terima kasih tipsnya, punya saya nggak bisa gara garanya waktu diisi ulang malah hasil warna kacau sob, dah lama juga nggak di pakai mungkin kering ya, bisa di coba neh..

29 April 2012 22.37

@agus bgcoba di rendam dengan air hangat supaya tintanya cair .
saya juga pernah mengalami seperti itu sob.
^^

4 Mei 2012 15.14

makasi buat tutorialnya sob.. sokses selalu buat blog sobat

5 Mei 2012 10.07

@DESAIN GRAFIS hehe...
makasih ya sobat
^^

rudichristian
7 Mei 2012 15.36

apa mesti kita instal dulu printer kita k'computer kita..?
tolong di bantu ya..

8 Mei 2012 08.19

@rudichristian iya bang, itu harus. karena kalau kita tidak menginstal printernya, printer tidak akan bisa menjalankan perintah yang kita berikan. Jadi di usahakan harus di instal dulu drivernya dulu yaa.

Kalau hanya sekedar membersihkan tempat tintanya saja, nggak perlu instal driverya kok kalau udah bersih baru dipasang lagi dan langsung dicoba.

Semoga membantu
^^

Anonim
14 Juni 2012 16.50

gan kalau tulisannya ganti kartij hitam tapi udah modif ???
caranya ya trims

15 Juni 2012 21.27

@Anonim maksudnya sob ?
maksudnya tertera replace cardtridge gitu ya ?

Poskan Komentar

Bingung cara mendownload ?, silahkan baca panduannya Disini.

Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar yang bersifat SPAM, SARA,JUNK dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.

Tolong saat ingin memasukan komentar jangan menggunakan Anonim, gunakanlah Name/Url. Jika kamu tidak punya Url,silahkan dikosongkan saja

Terima kasih atas Kunjungannya

Salam Juli suhendri
^^